Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Otomotif

5 Tips Merawat Rantai Motor di area Musim Hujan Biar Nggak Berkarat

2
×

5 Tips Merawat Rantai Motor di area Musim Hujan Biar Nggak Berkarat

Sebarkan artikel ini
5 Tips Merawat Rantai Motor di tempat area Musim Hujan Biar Nggak Berkarat

Jaksel.id Musim hujan dapat menjadi tantangan bagi pemilik sepeda gowes motor pada merawat rantai motor. Air hujan yang terkena rantai motor dapat menyebabkan karat kemudian mempengaruhi kinerja dan juga umur rantai.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat rantai motor pada musim hujan agar masih terjaga serta tak berkarat:

1. Bersihkan Rantai Secara Teratur

Setelah berkendara di area jalan yang dimaksud basah atau pasca terkena hujan, penting untuk membersihkan rantai motor secara teratur. Gunakan sikat rantai dan juga air mengalir untuk menghilangkan kotoran, lumpur, kemudian residu lainnya yang dimaksud menempel pada rantai. Pastikan untuk membersihkan semua bagian rantai, termasuk bagian pada kemudian luar.

2. Hindari Menggunakan Oli Bekas

Saat melumasi rantai motor, hindari menggunakan oli bekas dikarenakan justru akan memberikan efek samping yang dimaksud negatif pada rantai. Sebab, pada oli bekas terdapat partikel-partikel kotoran kemudian logam yang digunakan dapat merusak rantai. Sebaiknya gunakan pelumas khusus rantai atau chain lube yang digunakan dirancang untuk melindungi rantai motor dari karat dan juga keausan.

Ilustrasi rantai motor. (suzuki.co.id)
Ilustrasi rantai motor. (suzuki.co.id)

3. Periksa Tegangan Rantai

Pastikan rantai motor memiliki tegangan yang mana tepat. Rantai yang dimaksud terlalu kendur dapat melompat dari roda gigi, sedangkan rantai yang dimaksud terlalu kencang dapat menyebabkan keausan yang digunakan tambahan cepat. Periksa lalu sesuaikan tegangan rantai sesuai dengan rekomendasi pabrik atau panduan pengguna motor Anda.

4. Lindungi Rantai dari Air Hujan

Selain membersihkan dan juga mengeringkan rantai, Anda juga dapat melindunginya dari air hujan dengan menggunakan penutup rantai atau pelindung rantai. Penutup rantai akan membantu menjaga dari air hujan segera mengenai rantai motor, sehingga menurunkan risiko terjadinya karat.

Ilustrasi motor. (Pexels/Rachel Claire)
Ilustrasi motor. (Pexels/Rachel Claire)

5. Perawatan Secara Berkala

Selain perawatan rutin pasca berkendara di tempat musim hujan, lakukan juga perawatan secara berkala pada rantai motor. Ini adalah termasuk pemeriksaan serta pelumasan rutin sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pastikan untuk menggunakan pelumas rantai yang dimaksud sesuai dan juga mengikuti petunjuk pemanfaatan yang digunakan tertera pada kemasan.

Dengan mengikuti tips-tips dalam atas, Anda dapat merawat rantai motor dengan baik pada musim hujan kemudian menjaga dari terjadinya karat.

Perawatan yang dimaksud baik akan menunda umur rantai motor juga menjaga kinerjanya agar tetap saja optimal. Selamat berkendara aman dan juga nyaman di tempat musim hujan!

Sumber : Suara.com

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *