Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Lifestyle

Heboh Warganet Stok Nasi Beku Buat Dimakan Seminggu, Ternyata Lebih Optimal Buat Pasien Diabetes?

1
×

Heboh Warganet Stok Nasi Beku Buat Dimakan Seminggu, Ternyata Lebih Optimal Buat Pasien Diabetes?

Sebarkan artikel ini
Heboh Warganet Stok Nasi Beku Buat Dimakan Seminggu, Ternyata Lebih Optimal Buat Pasien Diabetes?
Baru-baru ini cuitan di salah satu akun dalam media X mencuri perhatian warganet. Dalam cuitannya, ia menyebabkan daftar persiapan sebagai calon bapak rumah tangga. Cuitan yang dimaksud menimbulkan daftar hal yang harus dilakukan.

“Aktivitas akhir pekan calon househusband: nyetok masak nasi buat dibekuin biar cepet kalo mau makan tinggal panasin (kalian mesti terapin metode ini juga), ke bursa nyetok bahan, meal prep potong-potong materi biar kalo masak tinggal satsettt, masak, bersih-bersih kamar,” cuitan akun @katriel_scenny, Akhir Pekan (26/11/2023).

Namun, dari daftar itu, justru ada hal yang mana menimbulkan warganet salah fokus. Pasalnya, akun yang dimaksud menyebutkan nasi yang tersebut dibekukan. Akun yang disebutkan menuliskan akan memanaskan nasi ketika ingin dihidangkan. Hal ini lantas menghasilkan warganet menjadi penasaran apakah nasi yang dimaksud dapat dimakan atau tidak.

Melihat respons warganet itu, pemilik akun justru membagikan tata cara menimbulkan lalu menghangatkan nasi beku hingga siap untuk disantap. Dalam cuitannya, untuk menimbulkan nasi beku sendiri cuma dengan memasukkannya ke pada freezer usai dimasak seperti biasa.

“Nah kalau udah tinggal disimpan deh di area freezer yaa jangan pada chiller. Ini adalah menurut beberapa orang sanggup sampai 3 bulanan sih tapi aku pribadi nyetoknya memang sebenarnya buat seminggu-seminggu aja oleh sebab itu ga muat juga kulkasnya,” tulis akun tersebut.

Sementara untuk menghangatkannya dapat melalui microwave. Ia menambahkan, penting agar nasi yang disebutkan diberi air agar dapat lembut usai dipanaskan. Pasalnya, nasi akan menjadi kering nantinya.

“Lalu untuk reheatnya gimana? Kalau aku kebetulan ada microwave. Di tweet sebelumnya berbagai yang digunakan bilang kalau nasinya kadang jdi kering mirip ada yang tersebut bingung juga reheatnya kayak gimana. Untuk ngakalinnya, ada yang taruh es batu di tempat melawan nasinya baru masukin microwave, ada yang digunakan tambahin 1-2 sendok air dalam nasinya. Kalo aku, masukin segelas air di area pada microwavenya,” sambungnya.

Baik untuk penderita diabetes

Bukan belaka berguna sebagai stok anak kos, rupanya nasi beku juga baik bagi para penderita diabetes. Akun @aiuenow di tempat platform digital X menjelaskan, nasi beku ternyata dapat membantu menurunkan glikemik di tempat dalamnya.

“Btw nasi yang mana didiemin semaleman di dalam kulkas atau dibekuin kaya gini akan datang ngebentuk yg namanya resistant starch/pati resisten yang tersebut akan sulit dicerna sm pencernaan kita & ga akan dipecah jadi gula, jadi indeks glikemiknya akan turun & aman untuk menjaga kadar gula darah,” jelasnya.

Hal ini juga telah lama dibuktikan di penelitian. Dilansir dari laman Medindia di sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam Nutrition and Diabetes, peneliti Polandia dari Universitas Pengetahuan Medis di dalam Universitas Poznan mempelajari 32 pasien hiperglikemia tipe 1.

Dalam hasil penelitian ditemukan, pasien yang mana konsumsi nasi beku, kadar gulanya berjauhan lebih banyak stabil secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan karbohidrat yang didinginkan seperti nasi dapat membantu mengontrol gula darah. Menurut para peneliti, berkat jenis karbohidrat tertentu yang dimaksud disebut pati resisten. Porsi nasi dingin di penelitian ini mengandung lebih besar berbagai pati resisten dibandingkan nasi biasa.

Pada 2015 juga sempat diadakan penelitian sejenis dengan orang tanpa diabetes. Rupanya ditemukan kalau nasi dingin mengandung gula darah lebih tinggi sedikit. Mereka justru mendapatkan tambahan berbagai pati resisten.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *