Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Berita

Ingat Pesan Jokowi perihal Netralitas, KSAD Jenderal Maruli Jamin Tidak akan Pertaruhkan Nama Institusi

1
×

Ingat Pesan Jokowi perihal Netralitas, KSAD Jenderal Maruli Jamin Tidak akan Pertaruhkan Nama Institusi

Sebarkan artikel ini
Ingat Pesan Jokowi perihal Netralitas, KSAD Jenderal Maruli Jamin Tidak akan Pertaruhkan Nama Institusi
Jaksel.id Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan untuk Jenderal Maruli Simanjuntak tentang pentingnya netralitas TNI Angkatan Darat. Pesan itu disampaikan Jokowi usai melantik Maruli menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

“Bahwa Angkatan Darat itu sebetulnya kan secara survei telah baik. Itu kalau bisa saja ditingkatkan berjauhan lebih lanjut baik, serta juga mengenai netralitas itu yang dimaksud sangat beliau tekankan,” kata Maruli mengulang instruksi Jokowi di tempat Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Maruli meyakinkan bahwa dirinya tidak ada akan sampai mempertaruhkan TNI Angkatan Darat belaka untuk memihak atau tak netral.

“Saya pikir juga saya pribadi bukan akan meng-gambling-kan nama institusi Angkatan Darat yang sudah ada baik untuk hal seperti ini,” kata Maruli.

“Saya tidaklah mau nanti ini akan menjadi sejarah panjang bahwa kami di tempat TNI Angkatan Darat khususnya tiada netral di pemilihan umum,” sambung Maruli.

Jokowi Lantik Maruli

Siang tadi Presiden Jokowi resmi melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di area Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2021).

Pengangkatan Maruli sebagai KSAD sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 103 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian kemudian Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Dalam proses pelantikan, Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan.

Dalam keppres yang dibacakan Hersan, Jokowi menetapkan memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Agus Subiyanto dari jabatannya sebagai KSAD.

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih berhadapan dengan pengabdian dan juga jasa-jasa yang tersebut telah disumbangkan terhadap bangsa juga negara selama Agus memangku jabatan.

Luhut Binsar Pandjaitan menyaksikan segera proses pelantikan sang menantu, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di tempat Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Suara.com/Novian)
Luhut Binsar Pandjaitan menyaksikan secara langsung proses pelantikan sang menantu, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di tempat Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Suara.com/Novian)

Poin kedua di keppres, Jokowi menetapkan Maruli sebagai KSAD.

“Kedua, mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD,” kata Hersan.

Keputusan yang dimaksud mulai berlaku sejak pelantikan pejabat.

Usai pembacaan tindakan presiden, Jokowi menyematkan tanda pangkat jabatan KSAD terhadap Maruli.

Setelah itu, Maruli mengucapkan sumpah jabatan dengan mengucap ulang apa yang dimaksud dikatakan Jokowi.

Sumber : Suara.com

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *