Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Berita

Kondisi Rafael Alun Trisambodo Terkini Jatuh Miskin: ATM Diblokir, Uang Kos Disita KPK, Anak Jualan Pinggir Jalan

4
×

Kondisi Rafael Alun Trisambodo Terkini Jatuh Miskin: ATM Diblokir, Uang Kos Disita KPK, Anak Jualan Pinggir Jalan

Sebarkan artikel ini
Kondisi Rafael Alun Trisambodo Terkini Jatuh Miskin: ATM Diblokir, Uang Kos Disita KPK, Anak Jualan Pinggir Jalan
Jaksel.id Ingatkah Anda dengan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo? Bagaimana kondisi Rafael Alun Trisambodo terkini? Begini kondisinya sekarang.

Kondisi Rafael Alun Trisambodo Terkini Jatuh Miskin

Usai penetapannya sebagai dituduh melawan dugaan gratifikasi di dalam lingkungan pajak, Rafael Alun mengaku miskin ketika hampir seluruh asetnya disita oleh KPK. Tim penyidik lembaga antikorupsi berhasil menyita sebagian aset milik Rafael yang tersebut diduga merupakan hasil korupsi.

Penyitaan yang disebutkan dijalankan penyidik di tempat berbagai daerah, yakni Solo/Surakarta, Yogyakarta, juga Simprug, Blok M, juga Meruya. Aset yang tersebut disita terdiri dari motor gede, mobil, rumah hingga rumah kos.

Alat bukti lain yang disita penyidik adalah safety deposit box (SDB) yang dimaksud berisi uang senilai kurang lebih lanjut Mata Uang Rupiah 32,2 miliar di pecahan mata uang dolar AS, mata uang Dollar Singapura juga mata uang Euro.

Rafael kemudian dijerat dengan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah lama diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Resto Tutup Sang Anak Jualan pada Pinggir Jalan

Perekonomian keluarga Rafael semakin carut marut pasca usaha kulinernya yang digunakan berada di dalam Yogyakarta juga terlibat tutup. Sang anak Christofer Dhyaksa juga sampai membuka warung makan tenda pada pinggir jalan akibat aset-aset Rafael Alun banyak disita.

Dengan bantuan kerabatnya, Christofer berhasil membuka warung tenda pinggir jalan hingga akhirnya laku keras juga mampu menghidupi keluarganya kembali.

Saldo ATM Nol 

Akibat terjerat perkara hukum, seluruh tabungan yang terafiliasi dengan ayah dituduh persoalan hukum penganiayaan Mario Dandy ini juga diblokir. Bahkan saldonya di dalam rekeningnya habis tak bersisa.

“Semua tabungan saya diblokir. Tapi lalu saya tahu dari istri kalau semua saldonya sekarang kosong,” kata Rafael pada persidangan di dalam Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri DKI Jakarta Pusat, Mulai Pekan (27/11/2023).

Hasil Sewa Kos Diserahkan ke KPK

Salah satu aset yang dimaksud tak luput dari penyitaan KPK yaitu tempat kos yang mana ada di area Jalan Melawai. Meski demikian, kos-kosan yang disebutkan masih beroperasi. Namun, hasil dari sewa kos harus diserahkan terhadap KPK.

Selain kehilangan karir, menghadapi aksi pidana yang digunakan telah lama dijalankan Rafael Alun Trisambodo juga kehilangan harta kekayaan yang selama ini diam-diam ia kumpulkan.

Meskipun sudah ada terbukti terlibat gratifikasi kemudian sudah menjadi tersangka, Rafael masih membantah bahwa dirinya melakukan korupsi atau menerima suap. Seperti itulah kondisi Rafael Alun Trisambodo terkini yang digunakan mengaku jatuh miskin.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Sumber : Suara.com

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *