Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Cilandak

Mengenal Kelurahan dan Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan

72
×

Mengenal Kelurahan dan Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan

Sebarkan artikel ini

Cilandak adalah salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas 18,22 km2 dan jumlah penduduk 202.140 jiwa (2020)1. Kecamatan Cilandak terdiri dari 5 kelurahan, yakni: Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Cilandak Barat, Lebak Bulus dan Pondok Labu. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sejarah, geografi, demografi dan tempat menarik di masing-masing kelurahan tersebut.

Kelurahan Cipete Selatan

Kelurahan Cipete Selatan adalah kelurahan di kecamatan Cilandak yang memiliki kode pos 12410. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Cipete Utara di sebelah utara, Kelurahan Gandaria Selatan di sebelah barat, Kelurahan Cilandak Timur di sebelah timur dan Kelurahan Cilandak Barat di sebelah selatan2.

Kelurahan Cipete Selatan memiliki luas 1,67 km2 dan jumlah penduduk 45.614 jiwa (2020)3. Mayoritas penduduknya beragama Islam (87,8%), diikuti oleh Kristen (7,9%), Katolik (3,4%), Hindu (0,6%), Buddha (0,3%) dan lainnya (0,1%)4.

Kelurahan Cipete Selatan merupakan salah satu kawasan elit di Jakarta Selatan yang banyak ditinggali oleh ekspatriat, pejabat pemerintah dan artis. Di kelurahan ini terdapat beberapa fasilitas mewah seperti hotel bintang lima, restoran internasional, klinik kecantikan dan sekolah.

Kelurahan Gandaria Selatan

Kelurahan Gandaria Selatan adalah kelurahan di kecamatan Cilandak yang memiliki kode pos 12420. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Kebayoran Baru di sebelah utara, Kelurahan Cipete Selatan di sebelah timur, Kelurahan Cilandak Barat di sebelah selatan dan Kelurahan Kebayoran Lama di sebelah barat.

Kelurahan Gandaria Selatan memiliki luas 1,69 km2 dan jumlah penduduk 40.813 jiwa (2020). Mayoritas penduduknya beragama Islam (88%), diikuti oleh Kristen (7%), Katolik (4%), Hindu (0,6%), Buddha (0,3%) dan lainnya (0,1%).

Kelurahan Gandaria Selatan juga merupakan kawasan elit yang banyak ditempati oleh kalangan menengah ke atas. Di kelurahan ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan modern seperti Gandaria City Mall, Plaza Blok M dan Pasaraya Grande. Di sini juga terdapat beberapa gedung perkantoran seperti Graha Simatupang dan Graha Inti Fauzi.

Kelurahan Cilandak Barat

Kelurahan Cilandak Barat adalah kelurahan di kecamatan Cilandak yang memiliki kode pos 12430. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Cipete Selatan dan Kelurahan Gandaria Selatan di sebelah utara, Kelurahan Lebak Bulus di sebelah timur, Kelurahan Jagakarsa di sebelah selatan dan Kelurahan Pasar Minggu di sebelah barat.

Kelurahan Cilandak Barat memiliki luas 4 km2 dan jumlah penduduk 38.785 jiwa (2020). Mayoritas penduduknya beragama Islam (86%), diikuti oleh Kristen (8%), Katolik (5%), Hindu (0,5%), Buddha (0,3%) dan lainnya (0,2%).

Kelurahan Cilandak Barat merupakan kawasan campuran antara pemukiman padat penduduk dan kawasan industri. Di kelurahan ini terdapat beberapa pabrik besar seperti PT Unilever Indonesia Tbk., PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Astra International Tbk. dan PT Pertamina.

Kelurahan Lebak Bulus

Kelurahan Lebak Bulus adalah kelurahan di kecamatan Cilandak yang memiliki kode pos 12440. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Cilandak Barat di sebelah barat, Kelurahan Pondok Labu di sebelah utara, Kelurahan Cilandak Timur di sebelah timur dan Kelurahan Ciputat Timur di sebelah selatan.

Kelurahan Lebak Bulus memiliki luas 4,63 km2 dan jumlah penduduk 37.867 jiwa (2020). Mayoritas penduduknya beragama Islam (87%), diikuti oleh Kristen (7%), Katolik (5%), Hindu (0,5%), Buddha (0,3%) dan lainnya (0,2%).

Kelurahan Lebak Bulus merupakan kawasan pemukiman yang cukup berkembang dengan adanya beberapa perumahan mewah seperti Pondok Indah Golf Residence, Pondok Indah Golf Apartment dan Pondok Indah Residences. Di kelurahan ini juga terdapat beberapa fasilitas olahraga seperti Stadion Lebak Bulus, Lapangan Golf Pondok Indah dan Kolam Renang Lebak Bulus.

Kelurahan Pondok Labu

Kelurahan Pondok Labu adalah kelurahan di kecamatan Cilandak yang memiliki kode pos 12450. Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Lebak Bulus di sebelah selatan, Kelurahan Cilandak Timur di sebelah timur, Kelurahan Cipete Selatan di sebelah barat dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan di sebelah utara.

Kelurahan Pondok Labu memiliki luas 6,23 km2 dan jumlah penduduk 39.061 jiwa (2020). Mayoritas penduduknya beragama Islam (88%), diikuti oleh Kristen (7%), Katolik (4%), Hindu (0,5%), Buddha (0,3%) dan lainnya (0,2%).

Kelurahan Pondok Labu merupakan kawasan pemukiman yang cukup padat dengan adanya beberapa pasar tradisional seperti Pasar Pondok Labu, Pasar Jumat dan Pasar Minggu. Di kelurahan ini juga terdapat beberapa fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Puri Cinere dan Rumah Sakit Siloam TB Simatupang.

Kesimpulan

Kecamatan Cilandak adalah salah satu kecamatan di Jakarta Selatan yang memiliki 5 kelurahan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Kecamatan ini menawarkan berbagai fasilitas dan tempat menarik bagi warga dan pengunjungnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kecamatan Cilandak.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *