Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Teknologi

Peneliti BRIN Klaim Borobudur Adalah Piramid, Bantah Arkeolog Senior

2
×

Peneliti BRIN Klaim Borobudur Adalah Piramid, Bantah Arkeolog Senior

Sebarkan artikel ini
Peneliti BRIN Klaim Borobudur Adalah Piramid, Bantah Arkeolog Senior

Profesor Riset di Pusat Riset Kebencanaan Geologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Danny Hilman Natwidjaja mengklaim bahwa struktur yang ditemukan di tempat antaranya Borobudur dan Candi Sukuh adalah bentuk piramid. Hal ini sekaligus membantah Arkeolog senior Truman Simanjuntak yang menyebut budaya leluhur Nusantara tak mengenal piramida.

“Borobudur cuma banyak peneliti asing pun menyebut sebagai salah satu piramid. Itu kan bentuknya piramida,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (4/10). Dia mengutip buku Indonesian Heritage yang dimaksud diterbitkan era Presiden Soeharto. Danny menyebut dalam buku itu penulis sempat mengumpulkan seluruh arkeolog Indonesia lalu asing tentang sejarah juga pra sejarah Indonesia.

Kemudian, bangunan kuno yang digunakan menyerupai piramid lain di tempat antaranya Candi Sukuh yang berada pada Karanganyar, Jawa Tengah, miliki struktur yang dimaksud disebut persis seperti piramida Suku Maya, dalam Semenanjung Yukatan, Amerika Tengah.

Berdasarkan penelusuran, buku itu terkait dengan salah satu seri ensiklopedia bertajuk Architecture (Indonesian Heritage, Vol. 6) karya John N. Miksic.

Balai Konservasi Borobudur mengungkap candi yang terbagi atas tiga bagian dan sembilan tingkat itu berdiri di atas bukit. Namun, klaim Danny Hilman Natwidjaja yang menyebut struktur piramid ini sekaligus membantah pernyataan Truman Simanjuntak yang menyebut budaya leluhur Nusantara tak mengenal piramida.

Source : Sumber : CNN Indonesia

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *