Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Kesehatan

Psoriasis: Mengenal, Mencegah, dan Mengatasi Penyakit Kulit yang Umum

4
×

Psoriasis: Mengenal, Mencegah, dan Mengatasi Penyakit Kulit yang Umum

Sebarkan artikel ini
Signifikans Pemanfaatan Sunscreen pada Pasien Psoriasis

Psoriasis: Sebuah Gambaran Umum

Jaksel.id – Psoriasis adalah kondisi autoimun yang disebabkan oleh peradangan pada kulit. Peradangan ini mengakibatkan epidermis menjadi bersisik, menebal, gatal, dan mudah terkelupas.

Seberapa Umum Psoriasis di Indonesia?

Psoriasis memengaruhi sekitar 1% dari total populasi Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa. Di Bandung, penyakit ini menjadi salah satu kunjungan terbanyak ke Poliklinik Dermatologi, Venereologi, dan Estetika di rumah sakit.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Psoriasis

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr. Panji Respati, S. SpD.V.E, menjelaskan bahwa Psoriasis dapat menyerang siapa saja, termasuk bayi, yang seringkali disebabkan oleh faktor genetik.

“Peradangan biasanya muncul pada epidermis di lutut, siku, punggung bawah, dan kulit kepala. Pasien dengan psoriasis cenderung mengalami kurang percaya diri, yang bisa berujung pada depresi,” ungkapnya.

Perlunya Perlindungan dari Sinar Matahari

Dr. Panji Respati juga menyoroti pentingnya penggunaan tabir surya pada pasien Psoriasis untuk menghindari efek buruk sinar matahari seperti luka bakar dan kemerahan. Ini penting karena kedua efek tersebut dapat memicu flare-up Psoriasis.

“Di Indonesia, kita kini memiliki tabir surya pertama yang terdaftar di BPOM dengan spektrum luas. Hal ini penting karena tabir surya tersebut memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, yang dapat merusak kulit. Mengingat tingginya tingkat polusi di Indonesia, tabir surya dengan sifat anti polutan juga sangat dibutuhkan,” paparnya.

Peran PT. Regenesis dalam Mendukung World Psoriasis Day 2023

Pada peringatan World Psoriasis Day 2023, PT. Regenesis hadir dengan produk andalannya, Heliocare, untuk bersama-sama memperingati acara ini bersama Dermrunners.

Dermrunners: Mengajak Masyarakat Bergerak

Dermrunners, didirikan pada 1 Maret 2019, merupakan komunitas pelari yang terdiri dari dokter spesialis kulit di Indonesia. Mereka menjadi wadah silaturahmi bagi para profesional yang gemar berolahraga, berbagi informasi kesehatan, dan menyebarluaskan gaya hidup sehat.

Acara Peringatan World Psoriasis Day oleh Dermrunners

Acara ini diselenggarakan di Kota Bandung, mengusung konsep acara lari sejauh 5 km dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Melalui konsultasi dokter dan distribusi flyer tentang Psoriasis, acara ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang masih belum familiar dengan penyakit ini.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *