Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
CultureJagakarsa

Setu Babakan Jagakarsa: Destinasi Wisata Budaya Betawi di Jakarta Selatan

6
×

Setu Babakan Jagakarsa: Destinasi Wisata Budaya Betawi di Jakarta Selatan

Sebarkan artikel ini

Jakarta adalah ibu kota Indonesia yang memiliki berbagai macam daya tarik wisata, mulai dari wisata sejarah, belanja, hingga kuliner. Namun, tahukah Anda bahwa di Jakarta tepatnya di Jaksel juga terdapat destinasi wisata budaya yang menampilkan kekayaan dan keunikan tradisi Betawi? Ya, tempat tersebut adalah Setu Babakan Jagakarsa, sebuah perkampungan budaya Betawi yang terletak di Jakarta Selatan.

Apa itu Setu Babakan Jagakarsa?

Setu Babakan Jagakarsa adalah sebuah cagar budaya yang terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu berarti danau dalam bahasa Sunda, sedangkan babakan berarti kampung baru. Memang, desa Setu Babakan diapit oleh dua buah danau, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong ( Mablong ) .

Setu Babakan Jagakarsa ditetapkan sebagai pusat perkampungan budaya Betawi pada tahun 2004, bersamaan dengan peringatan HUT DKI Jakarta yang ke-474. Hal ini dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi yang semakin terpinggirkan oleh modernisasi dan urbanisasi. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan dan mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Betawi asli, mulai dari rumah-rumahnya, pakaian adatnya, kesenian daerahnya, hingga makanan khasnya.

Apa saja yang bisa dilakukan di Setu Babakan Jagakarsa?

Setu Babakan Jagakarsa menawarkan berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung, baik itu untuk bersenang-senang, belajar, maupun berfoto-foto. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di sini:

  • Menikmati pemandangan danau. Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling di danau Setu Babakan atau Setu Mangga Bolong. Anda juga bisa memancing ikan di pinggiran danau atau di pemancingan yang tersedia. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat burung-burung liar yang berkeliaran di sekitar danau.
  • Mengunjungi museum dan rumah adat. Anda bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai budaya yang berkaitan dengan Betawi di museum Setu Babakan. Anda juga bisa melihat rumah-rumah adat Betawi yang dibangun dengan arsitektur khas, seperti rumah panggung, rumah joglo, dan rumah limasan.
  • Menonton pertunjukan kesenian daerah. Anda bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan kesenian daerah Betawi yang diselenggarakan di panggung terbuka setiap hari Sabtu dan Minggu. Beberapa contoh kesenian daerah Betawi yang bisa Anda lihat adalah tari cokek, tari topeng, lenong, ondel-ondel, tanjidor, gambang kromong, marawis, rebana biangbula, dan lain-lain.
  • Rekreasi menunggangi Kuda keliling Setu Babakan, Menaiki Bebek-Bebekan di danau Setu Babakan.
  • Mencicipi kuliner khas Betawi. Anda tidak akan kehabisan pilihan untuk menikmati kuliner khas Betawi di Setu Babakan Jagakarsa. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat dan menggugah selera, seperti kerak telor, soto betawi, nasi uduk, nasi ulam, gado-gado, asinan betawi, bir pletok, es selendang mayang, es doger, dan lain-lain.
  • Berbelanja souvenir dan kerajinan tangan. Anda juga bisa membeli berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan yang menarik dan unik di Setu Babakan Jagakarsa. Beberapa contoh barang yang bisa Anda beli adalah kaos bertuliskan Betawi, topi blangkon, kain batik Betawi, tas anyaman, boneka ondel-ondel, alat musik tradisional, dan lain-lain.
  • Berfoto-foto dengan latar belakang budaya Betawi. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk berfoto-foto di Setu Babakan Jagakarsa. Di sini, Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang rumah-rumah adat Betawi, pemandangan danau, pertunjukan kesenian daerah, atau bahkan bersama dengan warga setempat yang ramah dan bersahaja.

Bagaimana cara menuju ke Setu Babakan Jagakarsa?

Setu Babakan Jagakarsa dapat dijangkau dengan berbagai macam moda transportasi. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan:

  • Mobil pribadi atau taksi online. Anda bisa menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk mencari rute terbaik menuju ke Setu Babakan Jagakarsa. Tempat ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Jakarta dan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
  • Bus Transjakarta. Anda bisa naik bus Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas 2 dan turun di halte Srengseng Sawah. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek online atau angkot menuju ke Setu Babakan Jagakarsa.
  • Kereta api. Anda bisa naik kereta api jurusan Bogor-Jakarta Kota atau Depok-Jakarta Kota dan turun di stasiun Lenteng Agung. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek online atau angkot menuju ke Setu Babakan Jagakarsa.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Setu Babakan Jagakarsa?

Setu Babakan Jagakarsa buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Namun, jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih ramai dan meriah, Anda bisa mengunjungi tempat ini pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pada saat itu, biasanya akan ada lebih banyak pertunjukan kesenian daerah dan acara-acara khusus yang diselenggarakan oleh pengelola atau komunitas lokal.

Berapa biaya masuk ke Setu Babakan Jagakarsa?

Setu Babakan Jagakarsa mengenakan karcis sebagai tiket pengunjung dengan varian harga Mobil / Motor Rp.3000 sampai dengan Rp.5000. Dan jika kamu mengenakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil biasanya sih ada tukang parkir yang jagain. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya sewa Kuda jika ingin berkeliling di danau atau biaya tiket masuk museum jika ingin melihat koleksi benda-benda bersejarah.

Itulah artikel tentang Setu Babakan Jagakarsa yang saya buat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mengunjungi tempat ini. Selamat berwisata budaya di Setu Babakan Jagakarsa! 😊

Kesimpulan

Setu Babakan Jagakarsa adalah destinasi wisata budaya Betawi yang menarik dan edukatif di Jakarta. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan kekayaan dan keunikan tradisi Betawi, seperti menikmati pemandangan danau, mengunjungi museum dan rumah adat, menonton pertunjukan kesenian daerah, mencicipi kuliner khas Betawi, berbelanja souvenir dan kerajinan tangan, dan berfoto-foto dengan latar belakang budaya Betawi. Setu Babakan Jagakarsa juga mudah dijangkau dengan berbagai macam moda transportasi dan tidak memungut biaya masuk. Setu Babakan Jagakarsa adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin mengenal lebih dekat budaya Betawi dan mengisi waktu luang Anda dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat.

Demikianlah artikel tentang Setu Babakan Jagakarsa yang saya buat untuk Anda. Saya harap Anda menyukai artikel ini dan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *